languange

Desember 14, 2020

terracing

Hai hari ini gue telat nulis karena masih sibuk ngejournal + zoom rapat untuk acara mubes di kampus.

Acaranya semi online, jadi acara inti memang dijadwalkan online tapi sebagian panitia bakal ada berkumpul di satu titik.

Gue termasuk panitia cuman gue gabisa kesana karena jujur belum berpengalaman dan kos gue gaada karna beberapa bulan yang lalu gue udah ambil semua barangnya. Jadi status gue di sana tidak punya hunian yang tentunya juga akan mempersulit nantinya.

Ada satu hal yang gasengaja kepikiran sama gue bahwa dalam rapat ini bahasa yang digunakan masih dominan minang ya. Gue sebagai orang minang tentu tidak mempersalahkan itu karena gue paham apa yang dibicarakan.

Ya gue gatau juga sih gimana proses rapat orang orang diluar daerah, apakah mereka juga dominan menggunakan bahasa daerah mereka atau tidak.

Pasti ada tuh beberapa orang tidak mengerti apa yang dibicarakan oleh pembicara jika dia gunakan bahasa daerah apalagi secara cepat. Mereka bingung dan akhirnya malah gapaham, ya kan pasti ada.

Nah dari kejadian ini, sebagai orang yang merantau, yang gatau sama sekali soal daerah tertentu pasti mau gamau dia bakal belajar bahasa daerahnya. Karena ya lu bakal rugi sendiri kalo ga ngerti.

Kita juga gabisa egois maunya kita tetap pake bahasa indonesia aja. Kalo gitu kan emang komunikasi kita jadi lancar, tapi kalo lawan bicara kita sering ngomong minang kita masa nyalahin terus?

Gue yang masih berkuliah di provinsi yang sama tentu belum pernah ngerasain hidup diluar kampung istilahnya. Gue juga dulu pernah berpikir kalo gue harus bisa belajar bahasa daerah jika gue merantau.

Ya mungkin belum hari ini. 

Dan gue salut sih sama orang-orang yang mudah berbaur sama tempatnya dengan cepat, dan mereka dengan mudah nangkep gitu. Entahlah apakah gue juga bisa seperti itu atau engga.

Ini juga berlaku kalo lu mau tinggal di luar negeri, mau gamau ya harus belajar bahasa daerahnya gabisa english doang yang harus dikuasai xixixi

Udah sih itu aja, see u tomorrow

You Might Also Like

0 komentar