Mengapa memilih jurusan IPS?

April 27, 2017

 Selamat datang ditulisan gue yang pertama, kali ini gue mau menjawab pertanyaan yang sering diajukan sama keluarga, teman dan kerabat lainnya ke gue yaitu mengapa gue memilih jurusan IPS.
Actually gue jawab dengan cerita panjang lebar soalnya ini pantas untuk dibicarakan hm Okay Let's start it.

Jadi awalnya gini sebenarnya setelah UN SMP gue masih ragu untuk mau sekolah dimana, jurusan apa dan bakalan jadi apa gue besok kalau gue memilihnya. Dan jujur gue masih males mikirin itu soalnya gue keasikan libur wkwk.
So setelah diterima disekolah gue sekarang, gue mulai mencoba mikirin baik-baik tapi ujung-unjungnya masih ragu juga hm.
Pada suatu hari gue sama ibu dan kakak lagi bersih-bersih nih, terus pembicaraan kita tentang apa jurusan yang gue pilih, gue jawab sok yakin untuk milih IPA, soalnya orang-orang banyak milih jurusan ini, dan menurut gue waktu itu IPA sepertinya menyenangkan.
Dan ibu jawab yang intinya kalau gue milih IPA gue besok kerja mau jadi apa? gue sanggup ga milih IPA? dan lagian gue kayaknya lebih cocokan sama IPS, karna gue ga suka membahas seputar kedokteran, biologi, kimia, fisika dan hal lain berbau IPA. Bukan terlalu ga suka tapi menurut gue, gue kayaknya ga pantes menjadi seorang dokter, bidan, apoteker, apalagi mau operasi orang lain, haduhh ga sanggup gue dah. Jadi semakin yakinlah gue memilih jurusan IPS

Dan satu hal yang bikin gue makin termotivasi untuk memilih IPS karna, gue suka ilmu tentang suatu negara, sedikit tentang permasalahan politik, terus masalah sosial umum gue lumayan tertarik, karna itu suatu yang cocok dan sangat umum dibicarain oleh semua orang. Kalau tentang sosial pasti semua orang bakalan bicarain kan termasuk anak sains. Nah kalau tentang biologi, pelajaran tentang daur hidup porifera, cnidaria, nematoda dan lain-lain ga semua orang yang bicarain tentang itu, palingan beberapa orang yang sangat tertarik dengan pelajaran itu. Pendapat gue aja sih
Gue ga ngebandingin IPA sama IPS ya, tapi ini salah satunya yang gue suka dari IPS, semua orang bisa saling sharing tentang ilmu sosial.
Dan karna gue memilih jurusan IPS gue semakin bisa bekerja sebagai orang yang berpengaruh untuk negara gue amin. Soalnya ini cita-cita gue dari kecil, gue ingin banggain Indonesia ini keseluruh dunia dengan cara gue. tinggi banget ya impiannya? wkwk

Ada satu hal yang ga gue suka dari orang-orang yaitu selalu menjelekkan jurusan IPS, it's mean 'ih kok milih IPS sih, disana kan banyak anak-anak yang males belajar kayak matematika jadi mereka milih IPS karna ga sanggup di IPA'  
Hm. Gue suka heran sama orang-orang sering berpendapat kayak gitu, setelah gue makin mantap memilih IPS gue jadi semangat belain jurusan yang gue pilih ini. Hey ga semua orang yang kayak gitu, toh banyak siswa jurusan IPS sukses bahkan lebih sukses dari anak IPA. Mungkin yang lo liat itu memang ada tapi ga semuanya kayak gitu, dan jangan selalu berpikiran kalau orang memilih IPS ga diterima di jurusan IPA atau karna orangnya emang bodoh jadi ga pantas di jurusan IPA. Ah gue ga suka banget yang bilang kek gitu. Apalagi lo berpikiran itu adalah gue.
Mengerti aja lah ya, IPA sama IPS punya masing-masing benefit dan lossesnya. Jangan banding-bandingin satu sama lain, karna ga semuanya yang sempurna.
Mungkin kalian liat anak IPS banyak yang main-main belajarnya, pas guru lagi belajar ada yang tidur-tiduran dibelakang, terus minta izin ke wc, 30 menit lagi baru balik ke kelas, ada juga guru lagi ngajar dikelas, diluar kelas duduk-duduk sama teman kelas lain sambil main gitar, guru sering dilawan, terus kalau masalah tugas sering bodo amat. Actually gue sebagai warga IPS emang banyak melihat kejadian kayak gitu, sampai-sampai gue terbiasa. Tapi percayalah dibalik mereka ada sekumpulan manusia yang masih ingin meraih sukses, so jangan menganggap semua anak IPS memiliki sifat-sifat negatif yang sering kalian pikirkan, kasian.

Jujur sebenarnya gue agak takut juga sih saat memilih jurusan IPS, gue takut nanti gimana dan kayak apa gue berteman dengan orang-orang seperti itu. Tapi sekarang alhamdulillah gue berteman dengan teman-teman gue yang baik dan juga sepemikiran dengan gue. Good dah

Jadi ini pendapat gue, sedikit masukan untuk adek-adek yang bakalan masuk SMA pilih jurusan yang cocok dengan kemampuan diri sendiri jangan memilih satu jurusan hanya karna banyak yang memilih jurusan itu, siapa tahu karna kita beda kita bisa sukses ya kan?
Asalkan niat dan usaha kita baik Insha Allah sukses amiin
Dan untuk teman-teman gue yang berjuang melengkapi nilai, semangat! karna gue juga merasakan hal yang sama dengan merasakan manis dan pahitnya berusaha. hahaha

Thanks for reading good people
Thursday, April 27th 2017

Love
Wini

You Might Also Like

1 komentar

  1. That's right! Aku setuju tentang pendapat kamu soal Ips (:

    BalasHapus