Sistem kuliah online (kulen) - Day 19 #30dayswritingchallange

April 19, 2020

Hari ini tepat satu bulan udah dirumah aja, terakhir sehari sebelum pulang kami dilanda galau karna ujian masih tetap berlangsung padahal kampus lain banyak yang duluan libur. Ga ada kepastian, siapa sih yang ga suka banget gaada kepastian. Semua butuh penjelasan, kalo bisa hidup ini damai aja dengan penjelasan yang pasti.

Sekarang udah sebulan tuh dirumah aja, kuliah masih tetap lanjut, ada dosen yang berbaik hati ngasih tugas resume yang ga terlalu berat lah, tapi juga ada dosen yang terlalu niat ngasih tugas jadinya terlalu expert untuk 3 SKS lah intinya. Kalo gue sih tipe yang enjoy aja, apalagi kalo dirumah juga ga ngapa-ngapain dan ngerjainnya bisa ga terburu-buru karna sambil makan pun kuliah masih tetap lanjut. 

Tapi ada nih masalah, ga semua orang bisa menikmati perkuliahan dengan kuota internet yang selalu aktif setiap hari, ga punya wi-fi, laptop, dan sinyal kuota pun ga terlalu kencang di daerahnya. Ibaratnya tu sekarang ya sinyal internet yang ngaruhin IPK lu sekarang. Ga aktif di hp bentar ya siap-siap ketinggalan informasi, karna announcement dari dosen maupun komting tu secara mendadak ga bisa dijadwalin atau kita tentuin, kan semua tergantung permintaan dosennya apa, kita bisanya bilang 'baik pak' 'siap buk' 'oke miss' dan tersenyum melihat tugas sudah mulai ngantri untuk dikerjakan. :)

Adanya ketidakdilan di saat pandemi ini terjadi membuat gue sedih, ada di beberapa kampus sudah memberi kuota gratis ke mahasiswa nya, karena memang itu lah salah satu jalan agar feedback diantara mahasiswa dan pelajaran bisa terjalankan secara baik. Seperti yang gue bilang, ga semua orang yang punya cukup duit, dan ga semua orang yang punya wifi dirumah. Tapi ternyata masih saja ada kampus yang lambat untuk memberi kemudahan seperti ini ke mahasiswa nya. 

Tibanya kita serba salah, ingin mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat seperti teman-teman yang lain, tapi sinyal di rumah ga mendukung, kalo bisa keluar rumah dulu biar akses internet lebih lancar, ujung-ujungnya ke cafe yang nyediain wifi gratis, sedangkan sekarang kita gadibolehin berkeliaran dirumah, tapi loh, ukt udah dibayar mahal-mahal sebelum semester ini dimulai, jadi ini imbalan untuk kita? kan serba salah. 

Ini nih, kondisi yang seperti ini yang bikin orang-orang resah, kita butuh penjelasan, butuh kepastian, pandemi ini jangan bikin kita seperti sedang dikurung dengan ketidak pastian, kita butuh solusi agar perkulen-an ini bisa berjalan lancar. Bapak-ibuk dosen senang memberi tugas, kami pun tidak panik mengerjakannya asalkan kami di beri keringanan, karna mata kuliah kami tidak hanya satu bapak dan ibuk :)

Oke akhirnya gue bersuara membahas ini, yang selama ini selalu terpikir di dalam sanubari, semoga setelah gue menulis ini ada perubahan, perubahan ke yang lebih baik.

thanks for reading
By Wini

see u tomorrow

You Might Also Like

1 komentar