(tips) save something - Day 20 #30dayswritingchallange

April 20, 2020

Sekarang gue akan menceritakan bagaimana cara memanfaatkan barang yang khalayak orang pasti sudah membuangnya. Barang-barang ini bisa saja di-kilo-in trus bisa jajan dari menjualnya, cuman gue pikir-pikir lagi ternyata ni barang masih bisa di manfaatkan lagi kok.

1. Kertas-kertas makalah.
Dulu waktu SMA sistem K13 yang nyuruh siswa nya bikin makalah per kelompok trus di print dan di fotokopi untuk kelompok lain, gue pribadi sangat tidak menyetujui cara ini karna percuma aja apalagi pelajarannya tidak menarik, kertas-kertas fotokopiannya ujung-ujungnya ga di bawa pulang, cuman jadi tambahan sampah pas piket pulang. Tapi gue tipe yang suka ngumpulin hasil makalah-makalah itu, gue bilang ke diri sendiri 'siapa tahu ini bisa dipelajari sebelum ujian' jadi gue simpan baik-baik. Ternyata sebagian ada manfaatnya waktu itu. 

Nah sekarang gue udah lulus SMA, pas libur setelah UN kemarin gue mulai milah-milah mana yang pantas gue simpan dan tidak, I found a lot of paper dan mereka adalah makalah-makalah itu. Miris aja rasanya sebanyak itu kertas ternyata ga ada gunanya.

Akhirnya muncul ide! Dari makalah-makalah itu gue jadiin catatan untuk belajar persiapan SBMPTN. Makalah itu biasanya yang keisi cuman satu sisi doang kan, sedangkan di baliknya masih kosong, jadi gue kumpulin yang masih layak buat ditulis lah, dan hasilnya ternyata tebal juga :)
Dan gue jadikan buku, gue isi dengan catatan pelajaran persiapan SBMPTN kemarin. So I don't need to buy a new papers for binder or any else, gue punya versi sendiri dan lebih ramah lingkungan wkwk.

Ternyata dari makalah-makalah yang gaguna bermanfaat sekali buat gue, ga itu aja kertas-kertas itu bisa di jadikan untuk coret coret pelajaran hitung-hitungan seperti statistik yang sangat ku cintai. Very helful for me personally.

2. Plastik hiasan 
Maksud gue disini, ada lukisan yang berbingkai, kalo waktu gue di SMA kita punya tugas kelompok bikin peta daerah gitu, trus wajib di kasih plastik biar rapih, ternyata tuh peta di bawa pulang lagi, di rumah juga ga guna, karena dia peta persebaran penduduk, gaguna juga kan dipajang dirumah wkwk, jadi dia cuman di gulung rapi saja di gudang. 

Suatu hari I found it, dan muncul ide! Dari plastik itu bisa bungkusin novel-novel tercinta ku. Akhirnya gue lepas dari peta itu, dan bagi-bagi agar bisa di sampul untuk novel-novel yang unyu.

3. Plastik snack
Dulu ibu tuh sering beli snack se kotak gitu, seperti rolls, chocolatos, malkist dan teman-temannya. Karna jenis bungkusnya sama semua, akhirnya gue punya ide! Gue bikin karpet dari plastik-plastik nyampah itu wkwk. Apalagi saat itu gue libur kan (masih libur UN) banyak gabut, jadi gue anyam-anyam sendiri liat tutorial di youtube. Pas gabut sambil nonton tangan tetap gerak. Hasilnya pun cantik-cantik aja, gue jadiin karpet atau tempat duduk biar aesthetic gitu wkwk.
Oiya ini terinspirasi dari nenek yang juga suka nganyam dari plastik kopi. Beliau suka konsumsi kopi ber-sachet, jadi dijadiin tas gitu, lucu aja liatnya, jadi gue bikin versi karpet aja wkwk.

Sebenarnya masih ada lagi barang-barang yang sebenarnya banyak orang yang langsung buang tapi gue masih bisa manfaatinnya, tapiii, asalkan ide nya muncul. Gue ga setiap hari kok punya ide random seperti ini, nulis secara konsisten di sini saja sudah bikin pusing. Tapi gue harus bisa menyelesaikannya. SEMANGAT!

Sekian dulu tulisan kali ini, semoga bermanfaat, lihat barang-barang di sekitar mu kalo masih berantakan segera rapihin. Kalo ada barang yang sepertinya akan berguna jangan di buang dulu, siapa tau bisa digunain lagi hehe

Thanks for reading
By Wini

See u tomorrow

You Might Also Like

0 komentar