(Tips) how to khatam in a month special ramadhan - Day 25 #30dayswritingchallange

April 25, 2020

Oke special for ramadhan i will give a tips how to khatam in a month. 

Cara yang aku kasih ini menurut aku sendiri aja ya, kalo ayah pake sistem 1 hari 1 juzz, menurut aku, aku ga bisa konsisten seperti ini, karena aku merasa susah membagi waktunya kapan. 

1. Jadi syarat pertama aku saranin banget pake al-quran yang berhalaman 604 atau setiap sudut kiri bawah punya batas ayatnya. Ini biar mudah dalam membagi berapa lembar yang harus kita baca setiap hari nya. 

2. Nah ini caranya
Dalam al-quran ada 604 halaman kita bagi aja berapa hari dalam ramadhan yaitu 30 hari. 
604/30=20.13 genapin aja jadi 21 (kalo 20 jadi kurang) 
Karena aku mau nya baca al-quran abis setiap sholat jadi dibagi 5.
21/5=4.2 genapin aja jadi 5 (sama kek tadi) 
Jadi kesimpulannya kita setiap abis sholat baik subuh zuhur ashar maghrib isya minimal baca al-quran 5 halaman jangan sampai kurang, kalo bisa malah lebih. 

3. Tapi hitungan tadi untuk hari normal khusus cowo lah, karna cewe punya hari spesial bisa dikurangin jadwal puasa nya sesuai berapa hari kamu cuti. Aku biasanya 5 hari tapi karna datangnya awal aku tambahin lagi jadi 6 untuk jaga-jaga (takutnya datang di akhir bulan) 
604/24=25.16 genapin aja jadi 26
26/5= 5.2 genapin jadi 6.
Kesimpulan, aku akan membaca al-quran abis sholat sekitar 6 halaman. 

4. Hitungan tadi dijadiin patokan dan jadiin prioritas, gapapa dilebihin biar khatamnya juga cepat selesai. 

5. Bikin list per hari gitu 
                S.       Z.      A.     M.    I.  
Senin.      6.      7.       6.      6.     7
Selasa
Rabu 
Kamis
Jumat 
Sabtu
Minggu

Kek gitu seterusnya biar kamu tau progress nya gimana setiap hari, jadi kalo misalnya waktu maghrib kamu sedikit bacanya lebihin ke isya biar target kamu tercapai sesuai berapa lembar kamu baca sehari. Karna aku 26 lembar sehari jadi harus bisa segitu atau bahkan lebih. 

Oke mungkin sekian dulu tips biar gimana kita bisa khatam satu bulan terutama ramadhan ini, semoga dengan adanya tips ini bikin kita selalu ingat untuk beribadah di bulan suci ini. 

Thanks for reading
By wini

See u tomorrow 

You Might Also Like

1 komentar