happy world mental health day

Oktober 11, 2022

 it’s been a long time that i never write here anymore. bcs lot of happened. 


tahun ini bener2 berlalu dengan banyaknya pengalaman yang bikin gue up and down. akhirnya setelah sekian lama gue bisa beraktivitas lebih diluar rumah, pergi jalan2 ke bali, ketemu orang2 baru di kkn, dan juga bisa balik merasakan kelas offline setelah selama ini hanya lewat zoom.


tentunya dibalik itu gue juga merasakan yang namanya stres dan overthinking parah. banyak banget. mulai dari soal perkuliahan, percintaan, keluarga dan juga soal masa depan.


beberapa terjadi secara berbarengan, dan hal tersebut sangat membuat gue stres dikala itu. nangis tiap malam, sampe sakit kepala, jadi males makan dan sampai gue males melakukan apapun dan bahkan gapeduliin diri gue lagi maunya sendiri aja dikamar.


cape banget. sampai akhirnya jadwal kegiatan yang membuat gue bangkit lagi. seperti tepat disaat sebelum kkn gue bener2 galau brutal karna hubungan percintaan gue retak se retak2nya dan gue gapernah mengharapkan hal ini bisa terjadi. tapi ya gue bisa apa, gue gabisa memaksan diri untuk tetap dijalan itu. yang bisa gue masih saja sedih setiap hari. dan gue merasa semua yang gue lalui sama dia musnah aja karena hanya kesalahan ini. itu yang bikin gue stres. ditambah disaat itu gue belum punya kesibukan sehingga ya gue bener2 terpaku dengan kesedihan dan kegalauan.


beruntung banget selama di kkn gue bisa bikin diri gue selangkah lebih kuat dari sebelumnya, ternyata menyibukkan diri dan bertemu dengan orang2 baru buat gue terbuka terhadap hal luar yang ternyata masih banyak hal yang menarik untuk dipelajari. jujur karna gue sudah melewati masa2 galau itu gue udah bisa pelan2 menutup pintu kesedihan tersebut. gue mulai membuka diri untuk menjadi seorang wini yang seharusnya. 


setelah kkn mulailah muncul drama baru, drama perkuliahan dan juga beberapa drama kkn. disaat2 itu cukup bikin gue kepikiran lagi. gue sanggup ga sih melewati ini. apalagi drama yang terjadi ga cuma 1, dan terjadi bersamaan. gue tiap malam kepikiran, apakah gue salah dalam mengambil keputusan? apakah gue pantas berada di jalan ini? apakah gue sanggup menjalani ini semua?


tapi dibalik itu semua, beruntung banget gue punya teman dan keluarga yang bisa mendengarkan keluh kesah gue. cara mereka mendengarkan gue bikin gue cukup tenang. ada beberapa saran mereka yang ternyata gue ga pernah mikirin itu. dan gue jadi bilang ‘iya juga ya’.


selagi lu punya orang yang bisa dipercaya untuk lu bisa berkeluh kesah dan mengutarakan kesedihan lu, lakuin sekarang. oke lu merasa lebih tenang kalo di pendam tapi lu gatau apakah dengan menceritakan kepada orang yang lu percaya bakalan menjadi jauh lebih baik? 


yang terpenting adalah jangan merasa sendiri. merasa stres dan overthinking tu wajar, cuman jangan sampai mereka menyakiti diri lo. atau bahkan sampai melukai diri lo. jangan sampai.

u are not alone. u are loved. u are worthy.


happy world mental health day.

You Might Also Like

0 komentar