Curhat seputar sekolah

Agustus 10, 2018

Sistem pendidikan di Indonesia kalau dibicarakan terus menerus tidak berujung habis ya, karna permasalahan tentang itu susah untuk diselesaikan. Apalagi sekarang sudah menyebar tentang Indonesia menjadi negara yang terendah nomor 158. Wagelaseh

Okay kali ini gue lagi-lagi gemez sama hal-hal berkaitan seperti ini, mungkin di blog gue ini udah 3 kali membahas yang intinya gini juga tapi gue masih kepengen terus nulis tentang ini
Ayo tanya ke gue apakah sistem pembelajaran yang sekarang gue alami di sekolah sudah membaik? Gimana ya, kalo membaik bisa dibilang bisa sih tapi cuma 3%, why? Karna ya gitu. Guru yang mengajar sebagian tidak bisa mengajar sesuai yang diinginkan siswa lah, siswa yang selalu bermasalah bikin guru naik tensi lah, tugas yang sebenarnya ga penting banget tapi dipaksa buat lah. Ya allah kapan ini berakhir. Bukannya menjatuhkan martabat si guru ya, tapi kenapa sebagian guru masih tidak bisa mengajar sesuai yang siswa yang inginkan? maksud gue, materi yang dibahas selalu keluar dari inti topik pembahasan, misalnya topiknya tentang langit terbangnya ke makanan bakso. Jauh kan? Nah ini biasanya selalu diterapkan oleh guru yang sukaa-banget-cerita-lebar-panjang-tali-lompat-waduh. Kalo mau protes apalah daya seorang murid yang takut di skak mat, kita gakuat disalahin teruz bok.

Nah karna si guru di sekolah ngajar nya ga bikin ngerti, diputuskan lah oleh sebagian siswa terbang cari bimbel untuk menolong belajarnya yang tidak dimengerti itu. Menurut gue les emang banyak pengaruh baik bagi siswa, yaitu bisa belajar lebih paham karna pengajarnya bisa ngajar dengan baik. Yang gue herankan mengapa tidak guru itu saja yang ditunjuk pemerintah sebagai guru di sekolah? Coba liat tujuan umum kita pergi sekolah, untuk mendapatkan ilmu kan? Tapi nyatanya yang ngasih ilmu lebih baik itu dari guru les a.k.a diluar urusan sekolah. Haduh. Kalo siswa lebih banyak ngerti belajar di les kenapa ga sekalian aja tempat les dijadikan sekolah? Ya kan? Ga ngerti lagi sih.

Okedeh, tempat bimbel didirikan untuk membantu siswa dalam belajar, tapi ya yang namanya bisnis, orang orang ini terlalu berlebihan sih ngasih biayanya. Setau gue salah satu tempat bimbel, biaya setahun bisa 7 jutaan tanpa diskon. Diskon yang ada hanya untuk hal2 tertentu, seperi rangking, anak guru, trus bayar lunas, dll. Paling murah jadinya 4 jutaan. Yang gue pikirkan kalo siswa yang kepengen banget butuh bimbel tapi ga punya duit gimana? Kan kasian dia merasa tertinggal karna orang lain lebih maju dari dia. Ujung-ujungnya bimbel bisa dibilang hanya untuk orang kaya atau yang mampu doang yang bisa ikutan. Parahnya lagi, ada juga yang ikutan bimbel, dibayarin orang tua full, tapi dia masih saja menganggap bimbel tidak suatu hal yang penting, alhasil nilai di sekolah gitu gitu aja. Jadi percuma dong ngapain bimbel tapi nilai di sekolah masih gitu aja.

Berbagai macam cerita yang gue dapatkan tentang bimbel ini membuat gue memutuskan untuk tidak ikutan karna uang yang digunakan terlalu besar itu tidak worth it menurut gue. Gue takutnya orang tua gue udh membiayai gue bimbel tapi nilai disekolah tidak memuaskan, gue jadi malu sama diri gue sendiri kalo bisa kek gitu .
Gue yang punya keluarga tidak seperti orang tua zaman sekarang merasa bersyukur, karna gue belajar dari orang tua untuk menyuruh gue berusaha dulu dapatin sesuatu. Seperti beli hp yang udah gue dapetin sekarang ini bukan karna hanya sekali minta 'yah beliin ini dong' trus langsung dapet. Begitu juga tentang bimbel ini, sebenarnya gue emang kepengen sih ikutan bimbel tapi karna meingat harga yang tidak bersahabat, membuat gue segan berbicara dengan ayah dan ibu. Walaupun orang tua gue ber uang sekalipun, gue merasa memberatkan mereka karna anak mereka bukan cuma gue.
Lah kenapa gue jadi curhat sih wkwk
Sekian cerita gue kali ini Bye

You Might Also Like

0 komentar